Rabu, 27 Februari 2013

Kenalan dengan Kambing-Kambing Mancanegara


Mungkin teman-teman sudah biasa melihat kambing. Akan tetapi, kali ini saya akan mengajak teman-teman untuk berkenalan dengan kambing-kambing mancanegara. Seperti apakah mereka?


>Markhor Si Tanduk Spiral
Markhor sudah nyaris punah. Dulu, satu kelompok Markhor bisa mencapai seratusan ekor. Sekarang, satu kelompok paling banyak hanya 9 ekor. Tanduknyalah yang membuat Markhor banyak diburu manusia. Untung kita masih bisa melihat Markhor di Pakistan. Di sana, Markhor termasuk salah satu binatang yang dilindungi.Markhor memang unik. Bulunya bisa menyesuaikan cuaca. Ketika musim panas, bulu Markhor tumbuh tipis dan lembut sehingga tidak membuat mereka kegerahan. Akan tetapi, ketika musim dingin, bulunya tumbuh lebat dan tebal. Jadi, Markhor tidak kedinginan karena serasa memakai mantel hangat. Wow!


>Kashmiri
Kasmiri adalah kambing yang banyak terdapat di Asia Tengah. Ia terkenal sebagai penghasil bulu yang bagus. Pakaian yang terbuat dari bulu Kashmiri terkenal sangat nyaman dipakai.
Bahanya sangat halus. Jauh lebih halus dari wol yang dihasilkan biri-biri. Selain halus,bulu Kashmiri juga hangat dan awet. Agar bisa menghasilkan bulu yang bagus,Kashmiri harus terjamin gizi makananya. Mereka menyukai daun-daunan segar. Akan tetapi,jika tidak ada daun segar mereka pun mau makan rumput kering atau jerami. Gizi dari pakan ini terutama dibutuhkan oleh anak-anak Kashmiri yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dengan gizi yang baik,bulu mereka akan tumbuh lebat dan indah.


 > Si Liar Ibex
Ibex banyak terdapat di Eropa,Asia dan Afrika Utara. Kambing ini suka tinggal di gunun yang terjal dan berbatu. Ia sangat lincah dan bisa meloncat kesana kemari tanpa takut terjatuh. Selain tanduknya yang melengkung indah,Ibex juga terke
nal cerdas. Pernah suatu ketika dua ekor Ibex berpapasan di jalan setapak yang sangat sempit. Kedua kambing itu tidak mungkin memutar badan atau mundur karena mereka pasti terjatuh kejurang.apa yang mereka lakukan?salah satu Ibex itu menekuk kaki dan merebahkan tubuhnya. Lalu,Ibex yang satunya berjalan diatas tubuh Ibex tersebut. Maka masing-masing tetap bisa meneruskan perjalananya dengan selamat. Mereka tidak harus berdebat dulu untuk menentukan siapa yang harus merunduk dan siapa yang tidak. Cerdas bukan?

0 komentar:

Posting Komentar